Rabu, 23 Januari 2013

PANDUAN MS EXCEL 2007


BAB I
MENGIDENTIFIKASI PERANGKAT LUNAK PENGOLAH ANGKA
Dalam kehidupan sehari – hari kita tidak lepas dari kegiatan hitung mengitung atau penggunaan angka untuk perhitungan, baik itu untuk dirinya sendiri maupun untuk membantu orang lain. Dengan kemajuan teknologi yang ada sekarang perangkat untuk membantu manusis dalam hal mengitung sudah cukup banyak, misalnya : kalkulator, computer, sempoa dan lain lain.
Program Aplikasi Pengolah angka atau biasa disebut spreadsheet (lembar kerja elektronik) adalah: suatu program bantu yang digunakan untuk melakukan perhitungan misalnya: perkalian, pembagian, pengurangan, mencari rata-rata, menjumlahkan dan lain-lain. Dalam dunia teknologi computer program aplikasi yang digunakan untuk mengolah angka ada bermacam macam antara antara lain :l
1.       Lutus 123
2.       Microsoft Office Excel
3.       Open Office.org calc
4.       Dll
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerjaspreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007 .
Dalam buku ini kita akan memebahas lebih mendalam tentang program aplikasi dari perusahaan Micrososft Corporation, yaitu paket program aplikasi micrososf office 2007 yang terdiri dari :
a.       Microsoft office access
b.      Microsoft office Excel
c.       Microsoft Office Groove
d.      Microsoft office info path
e.      Microsoft office onenote
f.        Mocrosoft office Outlook
g.       Microsoft Office powerpoint
h.      Microsoft Office publisher
i.         Microsoft office Word
A.        FASILITAS YANG TERDAPAT PADA MICROSOFT EXCEL 2007 ADALAH:
a.       Tampilan menu yang sederhana dan praktis yang semakin memudahkanSaudara dalam bekerja dengan Microsoft 2007. Pemberian symbolperintah menggunakan tombol-tombol yang tersedia dalam toolbar akanmemudahkan pengguna dalam memberikan erintah. Beberapa kotak dialog diganti dengan bentuk perintah drop down dan dilengkapi dengan keterangan pada tooltips serta tampilan contoh dari pilihan yang bersangkutan.
b.      Microsoft Excel 2007 membuat Anda lebih leluasa dalam menjelajahibanyak data dalam worksheet karena Microsoft Excel 2007 yangmenyediakan 1.084.576 baris dan 16.384 kolom. Jika dibandingkan dengan Microsoft Excel 2003 maka Excel 2007 ini mempunyai baris 1.500% lebih banyak dan kolom 6.300% lebih banyak. Pemberian nama kolom mulai dari A hingga XFD, lebih banyak jika dibandingkn dengan Microsoft Excel 2003 yang diakhiri hingga IV.
c.       Performa manajemen memori Excel 2003 hanya sekitar 1 GB, sedangkan pada Excel 2007 mencapai 2 GB. Excel 2007 ini mendukung dualprocessor dan chipset multithread sehingga Saudara dapat melakukan kalkulasi jumlah besar dengan kecepatan yang sangat tinggi.
d.      Saudara dapat menggunakan berbagai theme yang akan mempermudah Saudara dalam memformat data. Theme ini dapat berbagi pakai dengan program aplikasi Office yang lain. Theme dapat berupa warna, font, garis, dan efek-efek fill objek.
e.      Terdapat conditional formatting untuk mempermudah penandaan data secara visual untuk keperluan analisis dan presentasi data. Saudara dapat menggunakan aturan format yang bertingkat untuk membenuk warna gradasi, data bar, dan ikon menjadi lebih menarik.
f.        Penulisan Formula yan lebih mudah.
g.       Fungsi AutoComplete yang dapat menuliskan sintak-sintak rumus yang tepat.
h.      Ada Rumus OLAP (On line Analitycal Processing).
i.         Tampilan grafik baru yang mempunyai efek-efek tiga dimensi, transparansi, dan bayangan objek.
j.        Fitur Sharing antar aplikasi dapat digunakan dengan cukup mudah antar aplikasi Office seperti Word, PowerPoint. Saudara dapat mengcopy dan paste antar dokumen dari satu program ke program yang lain.

uUntuk lebih lengkapnya silahkan Download disini

ooleh : Nur Hidayat

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>> Semoga Bermanfaat >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

HUKUM COLOMBUS

Hukum dasar dalam elektrostatika adalah hukum Coulomb. Hukum tersebut membicarakan tentang adanya gaya interaksi elektrostatika antar dua ...

Postingan Populer